Posted by : Olivia kyōra ^^ Selasa, 26 Juni 2012


Magetan terletak di perbatasan Kabupaten Ngawi sebelah selatan dan dekat dengan kota madiun . kabupaten magetan terdiri dari 19 kecamatan dan 208 desa. Di Magetan juga terdapat salah satu pangkalan utama Angkatan Udara RI yaitu Bandara Iswahyudi.
  Berikut gambar peta kota Magetan



Bicara soal Magetan , pasti tahu dong siapa pendirinya ? pendirinya adalah Ki yang akrab dipanggil Ki Mageti, beliau sudah wafat dan dimakamkan yang kabarnya beberapa waktu lalu makamnya hilangn karena longsor yang disebabkan hujan deras di wilayah kota Magetan. Beberapa tokoh pendiri Magetan lainnya, seperti Ki Ageng Mekar Sore dan Ki Geti dimakamkan di Bumi Kembang Sore / desa Pacalan kecamatran Plaosan.
Tidak jauh dari plaosan, terdapat tempat wisata yang
terkenal di Magetan. Ada telaga Sarangan , telaga Wurung dan beberapa air terjun yang ada disana. Konon Telaga Sarangan ini terbentuk dari sebuah pancuran yang diceburi 2 ekor naga . kejadian ini bermula dari seorang petani dan istrinya Kyai Jalilung dan Nyai Jalilung. Suatu siang sang suami bercocok tanam dan kelaparan karena bekal yang diantarkan istrinya belum datang juga. Karena lapar Kyai Jalilung mencari makan dan menemukan telur yang berada dekat pancuran. Ketika itu juga Kyai Jalilung membakar dan memakan telur itu sampai kenyang. Ternyata setengah telur itu sudah membuatnya kenyang, dan sisa setengahnya dimakan oleh istrinya ketika ia datang. Tidak lama mereka mulai meresa aneh dan kepanasan. Merekapun menyeburkan diri kepancuran dan tidak sadar mereka sudah berubah menjadi ular naga. Karena sosok besar yang masuk kepancuran itulah yang membuat pancuran menjadi besar dan menjadi Telaga Sarangan sekarang ini. Kata Mbah Supar Sastrodiharjo sesepuh adat Telaga Sarangan.
Kalian pasti pernah ke Telaga Sarangan kan, disana kalian pasti melihat pulau kecil yang ada ditengah - tengah telaga sarangan. Pulau kecil ini namanya Pulau Putri. Dinamakan seperti ini karena tempat ini merupakan tempat bertapanya putri Kusumaning Ayu Dewi Werdiningsih hingga menghilang. Putri Ayu Dewi merupakan saudara dari Nyai Jalilung. Dia bertapa hingga menghilang untuk menemukan saudaranya yang telah menjadi naga.                                                                                                   Oliva vida L (smp 1 magetan , 8a/23 , tahun ajaran 2011/2012)
Di kota Magetan tercintaku ini juga terdapat adat gebyar labuhan tumpeng yang diadakan 1 tahun sekali pada bulan syahban / ruah pada hari jumat pon. Gebyar labuhan tumpeng  adalah acara persembahan berupa tumpeng nasi dan pala wija yang diarak keliling telaga menggunakan perahu, lalu dilarung ke telaga. Ini dilakujkan untuk rasa syukur kepada Tuhan atas segala yang diberikan sekaligus sebagai ungkapan rasa terimakasih pada Kyai Jalilung dan Nyai Jalilung. Masyarakat setempat  juga mengadakan larung sesaji tiap bulan suro yang dilakukan oleh orang orang yang menyewakan perahu di sarangan, persembahan ini diadakan untuk memohon keselamatan pada para tukang perahu dan pengunjung agar tidak terjadi  hal yang tidak diinginkan.
Kebanyakan cerita tentang telaga ya, hahaha :D keasyikan nih. Tenang masih panjang kog perjalanan kita ;) ckck. Kota permai damai dan indah ini sudah punya Adipura lho.. alun alun nya juga bersih dan masyaratnya tertib dan masih suka bergotong royong. Kota ini juga mempunyai semboyan  MAGETAN MITRA!! Hahaha, kepanjangan dari Magetan Indah Tertib Rapi dan Aman.  
O iya, kalo mampir kekotaku jangan lupa nyobain pecel khas magetan, pecel dari sini rasanya beda dari kota kota lain lho. Apalagi sambel pecel dan lempeng nya. Bagi kalian yang dari kota besar anda akan melihat perbedaan pada kota Magetan. Jalan jalan disini jarang macet, baik jam berangkat kerja, jam makan siang maupun jam pulang kerja ^^ nyaman kann.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Olivia kyōra. Diberdayakan oleh Blogger.
Flag Counter

banyakin hit counter ku ya :) !!

Followers

Tweet Line


smp 1 bangga

noviekurniawan.blogspot

whut time ?

Categories

Chat with Me =D

Pink Bobblehead Bunny

Copyright © Petals World's -Black Rock Shooter- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan